Jumat, 29 Maret 2013

Cara Berbicara yang Komunikatif (speaker Mayda Maya)


Sesi kali ini diisi oleh penyiar radio Swaragama fm, Mayda Maya. Saat mendengar Mayda lagi on air, suaranya cantik secantik parasnya, hmm.. Mayda Maya bercerita mengenai publc speaking tidak secara general tetapi seputar keahliannya siaran dalam radio, jadi public speaking yang baik bagi penyiar saat berbicara dengan pendengar lewat radio. Terjadi proses komunikasi non visual disini.
(Ni foto Mayda Maya, mungkin banyak pembaca yang sering denger dia di radio tapi gak pernah liat wajahnya. Oh ya, aku nonton dengan Erik, dia minta fotonya di tampilin juga biar ngeksis dan gak cupu kayak yang nulis..)


Tetapi saya pikir cara public speaking yang baik bagi penyiar saat on air ini sama saja dan dapat diterapkan dalam perbincangan kondisi apapun. Karena yang dia terangkan ialah kebenaran umum yang dapat diterima, so relevan kalau kita gunakan untuk public speaking dimanapun ok..
“Kalau ngobrol dengan siapapun harus seolah-olah ngobrol dengan sahabat dekat, jangan dibuat-buat” katanya.
Menurut dia, dalam public speaking hal yang patut diperhatikan ialah tehnik vocal, dimana tehnik vocal ini terdiri dari enam komponen penting, diantaranya : 1) artikulasi, yaitu kejelasan kita dalam bicara, usahakan semua kata yang kita ucapkan tepat huruf-hurufnya dan terdengar oleh lawan bicara, jangan sampai lawan bicara bertanya kembali apa yang kita bicarakan dengan respon; heh, apa, ya mungkin lawan bicara kita yang lagi ngelamun, tetapi biar lawan bicara ngelamun sendiri tapi artikulasi kita harus tetap jelas, 2) intonasi, yaitu dinamika tekanan saat kita berbicara, 3) stressing, yaitu memberi tekanan dalam kata-kata yang kita anggap penting saat bicara, 4) pakai jeda, jangan ngomong aja ngelonyor terus-terusan, capek kan dengernya, tu kayak orang cerewet, malah gak ada yang dengerin ntar, 5) smiley voice, berbicaralah sambil tersenyum ramah, kan jadi enak dilihat, jangan ngomong tanpa semangat, 6) berekspresilah saat bicara seolah kamu merasakan penderitaan dia, maksudnya berempati.
Itulah cara ngobrol yang enak menurut Mayda Maya, dia gunakan saat siaran, tapi layak banget kita gunakan saat ngobrol sehari-hari. Jangan lupa banyak baca biar omongan kita bermutu, dan juga banyak bergaul biar banyak tahu segala macam orang..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar